Senin, 14 Mei 2012

Hidup adalah sebuah pilihan
Oleh
Nelly
     Sob, disini saya ingin tau arti kehidupan yang sesungguhnya, yang kadang-kadang orang mengartikannya dengan biasa-biasa saja, dan ada juga orang-orang mengartikannya dengan arti yang luar biasa.
    Ia, kalau menurut kamus arti kehidupan adalah cara atau keadaan hidup seseorang. Tapi disini saya ingin mengartikannya lebih dalam sedalam ilmu yang saya paham.                                                                                  Kita memang bebas dalam mengartikan semua ini, baik dalam bentuk tulisan maupun ucapan. Tapi sangat luar biasa sulit dan sukarnya dalam menjalankan sebuah kehidupan nyata yang sesungguhnya.
    Sob, saya sering sekali mendengar orang mengatakan “ hidup itu dijalani saja ngak usah perlu dipikirkan !”. Ya  satu ungkapan yang menjadi pembicaraan gampang yang seolah-olah tanpa beban berat dibenaknya. Ia memangkata-kata itu memberi sedikit ruang kelegaan dipundak beban kita dalam mengarungkan kehidupan. Tapi kata-kata itu tidak begitu indah bagi orang yang ingin mengartikan kehidupan yang sebenarnya.   
    Ia, ada pula kata yang menjadi motivasi seseorang “ live is an adventurer”. Kata yang menjadi motivasi dan spirit para petualang di bumi ini. Berpetualang  dibumi memang luar biasa, extraordinary his adventurous spirit. Karna dengan semangatnya itu seseorang dapat menggelapkan matanya,menghalalkan segala cara demi tercapainya kehidupan yang diinginkan.
Ia, sungguh sangat menyedihkan realita sekarang, banyak orang yang mancoba merubah hidupnya dengan kegelapan bukan sebaliknya. Sulit memang kalau membahas persoalan ini, toh meskipun sulit harus tetap dibahas juga. Mencoba menghebatkan diri dengen cara yang kotor. Banyak memang kejadian ini kalau diuraikan satu persatu, kita mencoba menjawab dengan melihat realita atau kejadian yang sering ada disekitar kita. Orang mencoba melakukan korupsi, mencuri, bahkan menjual diri demi hasil yang luar biasa untuk dapat merubah kehidupannya.
      Yang pertama kita bahas tentang profesi yang menjadi Tukang korupsi,,,,,,,, nama yang pantas untuk seorang koruptor. Ia mencoba melakukan berbagai penyelewengan dalam pelaksaan tugasnya. Ia rela merampas uang negara yang itu jelas- jalas hak anak yatim dan fakir miskin yang sedang menjerit kelaparan disana. Dia rela melakukan cara apa saja demi tercapai segala sesuatu yang diinginkan dalam hidupnya, meskipun cara yang dipakainya itu busuk, berulat, dan akhirnya berbau. Tapi sayang seribu sayang,,,, hukum dinegeri kita yang tercinta ini belum bisa memberi jera kepada para koruptor.
     Sob, sekarang kita bahas masaalah mencuri, kalau kita bahas masaalah korupsi tidak akan pernah habis kata-kata yang akan terurai, karna korupsi dinegara kita bagaikan sampah plastik yang membuat bumi ini semakin panas,,,, begitulah susah nya memberantas korupsi di bumi pertiwi ini.                                               Mencuri tidak jauh berbeda artinya dengan korupsi. Mencuri yaitu merampas hak orang lain, salah satu perbuatan yang melanggar hukum. Ia melanggarrrrrrrrr hukum. Sangat sakit dan menggemaskan kalau saya dengar kata-kata korupsi dan mencuri,,,,,,, rasa nya ingin sekali menjauhkan kata-kata itu dari hidup ini. Tapi apa boleh buat ini semua memang harus ditonton di atas panggung sandiwara bumi ini, semoga pelaku nya bukan saya, kamu, atau keluarga kita ,,,, Nauzubillah......
      Mencuri ??? karna tidak sanggup menanggung beban hidup ,, ekonomi yang semakin menjepit, tak sanggup hidup miskin terus, cemburu melihat orang kaya yang punya segalanya “orang naik mobil kita naik darah’’ amit-amit dech, bahkan benci melihat barang-barang mewah yang dikenakan orang. Memang inilah semua kejadian yang sering kita temukan faktanya dan juga sering kita nonton dan kita baca di berbagai media berita. Kenapa hal ini harus terjadi ?? haruskah kita terus bertanya ? kepada siapa semua ini kita pertanyakan? Memang sulit kita menjawab dan mempersalahkan orang untuk menjawab semua ini.
      Memang  kita tau menanggung kemiskinan atau harus melakukan peran menjadi orang miskin memang berat, apalagi di dunia yang sesungguhnya. Tapi kemiskinan tidak harus menggelapkan mata manusia. Gara-gara miskin kita rela menjadi penjahat kelas atas, menjadi spesialis curanmor, spesialis rumah kosong, dan spesialis-spesialis lainnya. Rela melakukan segala kejahatan demi menjauhkan diri dari kemiskinan. Bahkan rela membunuh karena kepergok atau tertangkap tangan saat mencuri. Benar-benar hal bodoh dan sangat memalukan.
      Nah, hal yang lebih menyesatkan lagi selain korupsi dan mencuri yaitu menjual diri. Menjual diri atau menjadi PSK (pekerja seks komersial) ?? karna ingin bisa kaya secara instan, bisa keluar dari kehidupan yang melarat, bisa mendapatkan sesuatu hal secara mudah tanpa harus bersusah payah dulu seperti orang lain...... nauzubillah,,,,,,,jangan sampai terjadi pada kita, keluarga kita, bahkan tidak sampai pada anak cucu kita nanti. Amin ya Rabb,,,,,,
      Inilah beberapa contoh fenomena yang terjadi pada anak negri, inilah kenyataan pahit yang harus menjadi tanggung jawab sebagian penduduk bumi pertiwi. Karena beban hidup yang luar biasa, harus jalan pintas sebagian orang lakukan demi mencoba mempertahankan ujung nadi kehidupnya, ditengah arus globalisasi yang terus mengikis kehidupannya. Pahit memang dan sungguh-sungguh membuat hati ini miris dan ingin menangis,,,,, kenapa hal ini bisa terjadi dinegara sekaya Indonesia ? kemana kekayaan negara dipergunakan ????
Jawaban ada di atas sana,,,, tidak rumit memang kalau kita menjawabnya,, jawaban ini selalu dibahas diberbagai media, selalu dibahas diberbagai rapat. Jawabannya bahwa kekayaan alam dipergunakan untuk kekayaan pribadi, jalan-jalan keluar negeri, keliling dunia bareng keluarga disana, mengoleksi mobil mewah,, membangun rumah bak istana raja. Haruskah demikian yang dilakukan pemegang amanah kekayaan negri ini,, harus seorang pemegang kekuasaan negri ini melakukan hal senekat itu ? memang itu kenyataan nya kita tidak harus menjawabnya lagi. Ini benar-benar melanggar hukum.
Dan kenapa hal ini bisa kejadian di negara ini yang berpegang pada hukum,,,, sungguh hukum di Indonesia belum terlaksanakan,,, untuk apa juga capek-capek menyusun undang-undang, kalau toh kenyataannya seperti ini.
      Apapun yang terjadi, inilah fakta dan realita di negara tercinta ini.  Ya ! inilah tiga contoh realita dan fakta yang ada disekitar kita,,,contoh kejadian yang harus segera di musnahkan.
      Sob, kadang kita bingung dan tidak tau harus kemana,bagaimana, dan sama siapa lagi kita harus mengadu dan menggantungkan hidup ini. Sesungguhnya jawaban ini sangat dekat dengan kita, jawaban nya selalu ada didepan dan disamping kita semua. Gantungkan semua kehidupan dan harapan kita kepada Tuhan kita Allah swt, dengan syarat kamu harus terus berusaha dengan cara yang halal dan disertai dengan doa.
      Ia, dalam kehidupan di dunia ini kita memang harus mendekatkan diri dengan Tuhan agar cara mengartikan dan menjalankan kehidupan ini tidak sesat walau sesulit apapun kehidupan itu. Karna semua ini sudah Allah janjikan dalam Al-quran surat Ad-dukha ayat 6-7 yang artinya : “sebagai rahmat dari Tuhanmu sesungguhnya Dialah yang maha pendengar lagi maha mengetahui. Tuhan yang memelihara langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya, jika kamu adalah orang yang menyakini”.
      Sob, Allah tidak akan memberikan kesulitan kepada setiap hamba Nya, selagi hambanya selalu berdoa dan mencoba berusaha selalu dengan cara yang halal.
Disini baru kita tau caranya dan saya yakin kita tidak akan bingung-bingung lagi dalam menggartikan kehidupan dalam mengarungkan hidup ini. Serahkan semua ini kepada Allah teruslah berusaha dengan cara yang halal dan jangan lupa berdoa dan terus meminta pada Allah dan tunggu hasilnya pasti luar biasa. Dekatkan dirimu pada Allah dan tunjukkan bahwa kamu siap selalu dalam mengarungkan kehidupanmu dan yakin kan diri mu bahwa Allah selalu bersamamu dan selalu ada dekat denganmu. Tunjukan dirimu bahwa kamu bisa hidup tanpa korupsi, mencuri, dan menjual diri. Pasti kan bahwa kamu bisa hidup dengan cara yang halal dan bisa sukses dengan jalan yang diridhai Tuhan. Tunjukkan pada dunia bahwa hidup adalah sebuah pilihan “ live is a choise ’’ jadikan pilihan mu itu tepat untuk dirimu, masa depanmu dan untuk akhirat mu kelak....... Semoga Allah selalu meridhai jalan hidup yang baik untuk mu.
Penulis/pengarang                 : NELLY
Alamat                                 : Gp. Melayu, Kec. Indrajaya,  Kab.Pidie jalan Garot-Jabal
                                              Ghafur No.2 lorong langsat, menasah baroh.
Hp                                       :  085297988630 /  08781960314 
Pekerjaan                             : Mahasiswa,Universitas Jabal Ghafur Sigli
Fakultas                               : Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 
Jurusan                                : Bahasa Inggris (S1).

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com